Packet Tracer



A.      Tujuan
  1. Mengenali perangkat lunak jaringan berdasarkan fungsinya
  2. Menggunakan software packet tracer untuk simulasi jaringan sederhana

Terdapat berbagai macam software yang dapat membantu kita dalam menganalisa ataupun mendisain  jaringan komputer. Dalam masa 1 semester praktikum jaringan komputer kali ini kita akan menggunakan 3 jenis tools yang bisa membantu kita dalam kegiatan praktikum.

B.       Dasar Teori
PACKET TRACER
Packet tracer adalah sebuah simulator protocol jaringan yang dikembangkan oleh Cisco System.  Paket  Tracer  dapat  mensimulasikan  berbagai  macam  protocol  yg  digunakan pada jaringan baik secara realtime maupun dengan mode simulasi.
Perangkat-perangkat yang dibutuhkan dalam pembuatan suatu jaringan tersedia di dalam software packet tracer, diantaranya Router, Switches, Hubs, Wireless Devices, Bridge, Repeater, AccessPoint, PC, Server, Printer, serta Cloud untuk WAN Emulation.
Sedangkan untuk Connections juga tersedia berbagai kabel sesuai kebutuhan mulai console, Straight through, Cross over, Fiber optic, Phone, Serial. Dengan bantuan software ini dapat dibuat suatu jaringan Peer to peer, jaringan client server, jaringan Wireless, LAN, WAN, dan sebagainya. Selain itu dapat juga melakukan pengujian jaringan dengan “Ping”, Configurasi Router, mengganti Ethernet card pada PC yang ada sesuai kebutuhan, apakah ingin digunakan untuk basic telephone, LAN access dan sebagainya.
Dalam melakukan koneksi peralatan jaringan, terdapat beberapa ketentuan yang harus dipenuhi. Jenis-jenis kabel penghubung ditentukan berdasarkan aturan sebagai berikut :
Untuk mengkoneksikan peralatan yang berbeda, gunakan kabel Straight-through :
Router – Switch
Router – Hub
PC – Switch

PC – Hub


Untuk mengkoneksikan peralatan yang sama, gunakan kabel Cross-Over :
PC – PC
Router – Router
Router – PC
Switch – Switch
Switch – Hub 
Proses konfigurasi merupakan bagian penting dalam susunan jaringan. Proses konfigurasi di masing-masing device diperlukan untuk mengaktifkan fungsi dari device tersebut. Proses konfigurasi meliputi pemberian IP Address dan subnet mask pada interface-interface device (pada Router, PC maupun Server), pemberian Tabel Routing (pada Router), pemberian label nama dan sebagainya.
Setelah proses konfigurasi dilakukan, maka tanda bulatan merah pada kabel yang terhubung dengan device tersebut berubah menjadi hijau. Warna hijau menandakan peralatan telah terhubung. Ada 2 mode konfigurasi yang dapat dilakukan : mode GUI (Config mode) dan mode CLI (Command Line Interface).

C.      Alat dan Bahan
PC / Laptop
Software Packet Tracer
Modul

D.      Prosedur Praktikum
Membuat jaringan peer-to-peer menggunakan packet tracer :
1.      Ambil 2 buah PC dari select device box pada bagian end devices ke logical workspace  seperti terlihat pada gambar dibawah ini :
2.      Hubungkan 2 PC tadi dengan kabel yang sesuai (kabel cross) pada masing-masingport Ethernet
Jaringan  peer  to  peer  selesai  dibuat,  untuk  melihat  mengecek  apakah  kedua  PC  sudah benar-benar tersambung, kita dapat melakukan perintah ping atau memberikan paket ICMP dari  PC0 ke PC1 atau sebaliknya seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini  :
1.      Set alamat IP tiap-tiap PC yang berada dalam 1 network (dalam hal ini PC0 192.168.1.1; PC1 192.168.1.2)
2.      Ping dapat dilakukan melalui virtual command line  tiap PC atau mengirimkan  paket ICMP yang dapat kita klik langsung dari objek PC0 ke PC1.
3.      Selain  mode  realtime kita  juga dapat memilih mode simulation, dimana  pada  saatkita  melakukan  perintah,  kita  dapat  mengetahui  prorokol yang  digunakan  dan  apa yang sebenarnya terjadi pada setiap layer. Contohnya pada saat perintah ping padagambar dibawah ini.

Membuat jaringan sederhana dengan menggunakan fitur multi user pada packet tracer
Pada  aplikasi  packet  tracer  kita  dimungkinkan  untuk  membuat  sim ulasi  jaringan gabungan antara simulasi  jaringan  menggunakan  packet  tracer  di 2  atau  lebih  PCyang saling terhubung dalam satu network. Contoh penggunaan :
  1. Buat jaringan sederhana lalu masukkan awan multiuser :

  1. Klik pada awan multi user peer0, lalu set mode ke outgoing, dan ip address PC lain dimana terdapat simulasi jaringan  yang  akan dikoneksikan, set peer network name dan password
  2. Tekan tombol connect  dan tunggu konfirmasi koneksi (mode incoming)  di PC  yangdituju muncul. Setelah terkoneksi, kita langsung dapat menjalankan 2 simulasi di PC yang berbeda.

  1. Hasil Praktikum
JARINGAN PEER TO PEER
1.      Mengembil 2 buah PC
2.      Menghubungkan ke-2 PC dengan konector cros
3.      Set alamat IP
-          Untuk PC 1
-          Untuk PC 2
4.      Ping PC
-          Ping PC 0 ke PC 1
-          Ping PC 1 ke PC 0
5.      Melakukan transfer data dengan menggunakan simulation
Caranya, pilih simulation > pilih auto capture/play > beri suatu pesan yang akan dikirim pada PC.
MEMBUAT JARINGAN SEDERHANA DENGAN MENGGUNAKAN FITUR MULTI USER PADA PACKET TRACER
1.      Membuat jaringan sederhana
2.      set mode ke outgoing, dan ip address PC lain, set peer network name dan password


F.       Pembahasan
·    Pada praktikum membuat jaringan peer to peer, perangkat yang dibutuhkan adalah dua buah PC yang dipilih pada End Device > PC-PT. Kedua buah PC tersebut, yaitu PC 0 dan PC 1 dihubungkan dengan kabel cross-over karena merupakan perangkat yang sejenis atau sama.
·    Untuk dapat mengoneksikan kedua buah PC, perlu dilakukan setting IP dengan klik dua kali PC kemudian pilih menu Desktop > IP Configuration. Set IP Address sesuai aturan pengalamatan IP v 4, berikut juga set Subnet Mask dengan 255.255.255.0. Atur IP Address pada kedua buah PC berbeda, misalnya 192.168.1.8 pada PC 0 dan set192.168.1.9 pada PC 1.
·    Setelah IP Address diatur, untuk dapat melakukan pertukaran data perlu dilakukan penghubungan PC atau ping. Proses ping ini dilakukan dengan cara klik dua kali pada PC, pilih menu Desktop > Command Prompt. Untuk melakukan ping, tuliskan ping (spasi)alamat yang dituju. Misalnya jika PC 0 yang melakukan ping pada PC 1, maka tuliskan pada Command Prompt PC 0 “ping 192.168.1.9” kemudian tekan enter. Jika muncul replay, itu menandakan proses ping telah berhasil dan proses pertukaran data dapat dilakukan.
·    Untuk mengecek dapat tidaknya dilakukan pertukaran data, pilih Simulation yang ada pada pojok kanan bawah, kemudian pilih Auto Capture/Play serta tambahkan suatu pesan yang akan dikirim dengan memilih “add simple PDU (P)”, drop pada PC. Jika terjadi suatu transfer data dan pada symbol surat bertanda centang, maka berarti proses transfer data berhasil, namun jika symbol surat bertanda silang, maka berarti proses transfer data gagal dilaksanakan.
·    Pada simulasi jaringan sederhana dengan menggunakan fitur multi user, perangkat yang dibutuhkan adalah PC, Switch, dan Multi user. PC san Switch dihubungkan dengan kabel Straight-through karena untuk menghubungkan dua buah perangkat yang berbeda.
·    Untuk dapat melakukan koneksi Multi user, klik dua kali pada Multi user kemudian pilih Outgoing pada Connection type. Setelah itu, isikan nama network pada “Peer Network Name” serta password pada bagian “Password”. Setelah itu klik connect. Jika muncul warna biru pada garis-garis Multi user, maka berarti koneksi telah berhasil.

G.      Kesimpulan
·         Software Packet tracer sangat membantu dalam mempelajari suatu jaringan karena proses pembelajaran atau percobaan pembuatan jaringan dapat dilakukan dalam software ini tanpa harus membeli peralatan jaringan yang mahal.
·         Dengan memanfaatkan software Packet tracer ini, dapat dilakukan simulasi jaringan sebagaimana pada praktek yang sesungguhnya.
·         Dengan software Packettracer dapat dilakukan berbagai simulasi jaringan mulai dari peer to peer, simulasi dengan multi user dan sebagainya.



H.      Daftar Rujukan
-          Permana,Chandra. 2010. http://francescochandra.blogspot.com/. Diakses pada tanggal 2 September 2010.
-          Azkastudio. 2008. http://azkastudio.xtreemhost.com/belajar-jaringan-dengan-software-simulasi. Diakses pada tanggal 2 September 2010.
-          Rahmatdany. 2010. http://minitux.wordpress.com/2010/04/07/simulasi-jaringan-dengan-packet-tracer/. Diakses pada tanggal 2 September 2010.



Free Template Blogger collection template Hot Deals SEO
|Free Template Blogger | BERITA'KU | Indo Tutorials | SEO |
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

6 comments:

industry maintennance mengatakan...

tips yang bagus

security services mengatakan...

keren

Armstrong Indonesia mengatakan...

bags

motivator indonesia mengatakan...

mantap

rumah dijual di jakarta barat mengatakan...

salam kenal

jantung koroner mengatakan...

tips yang bagus

Posting Komentar